Home » » Keutamaan Ilmu

Keutamaan Ilmu

Keutamaan Ilmu
Sudah pasti dan jelas tentang perbedaan orang yang memiliki ilmu dengan orang yang sama sekali tidak mengetahui (tidak berilmu), baik yang memiliki ilmu agama maupun ilmu umum. Dalam Al-Qur’an Surat Az-Zumar ayat 9 Allah berfirman yang artinya “ Adakah sama orang-orang yang mengetahui (berilmu) dengan orang yang tidak berilmu ?" 
Dan derajat orang yang berilmupun lebih tinggi dengan orang yang tidak berilmu sebagaimana Firman Allah dalam Surat Al-Mujadalah ayat 11 yang artinya “ Allah akan mengangkat derajat orang yang beriman diantara kamu dan orang-orang yang berilmu pengetahuan beberapa derajat ” 
Dan ternyata ilmu dalam kehidupan Islam merupakan tiang yang kokoh sebagai penegak, sebagaimana Sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Abis-Syaikh yang artinya “Ilmu adalah kehidupan Islam dan merupakan tiang agama” 
Dibandingkan dengan harta, ilmu juga merupakan sebaik-baik harta warisan kepada generasi selanjutnya, yang tidak perlu penjagaan ketat seperti orang-orang yang memiliki banyak harta. Hingga Nabi sulaiman a.s sendiri diwaktu disiruh untuk memilih antara harta, kerajaan, dan ilmu, maka ilmulah jadi pilihannya. Dengan ilmu yang dimiliki beliau bisa memiliki harta serta kerajaan. 
Sahabat rasulullah Ali Bin Abi Thalib Karramallau wajhah mengatakan “ Ilmu adalah sebaik-baik harta pusaka (warisan). Dan Abul Aswad juga mengatakan "Tidak ada yang paling mulia daripada ilmu

Write By : Khocet Dot Com ~ Panduan Gratis Adobe Photoshop,Blog,Puisi,Ragam Tips,Dan Bahan Ajar

Article : Keutamaan Ilmu Post By : Khocet Dot Com
Terimakasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik yang membangun serta pertanyaan dan saran dapat anda tuliskan melalui kotak komentar,semoga bermanfaat
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

 

Design By : Khocet Dot Com
Powered by Blogger