Home » » Istilah-Istilah Internet

Istilah-Istilah Internet



Banyak diantara kita hanya bisa menggunakan pasilitas di internet, namun kita sendiri tidak tahu apa maksudnya. Dalam mengakses internet, kita akan menjumpai berbagai istilah yang mungkin baru bagi kita. Berikut adalah 21 diantara sekian banyak istilah dalam internet serta penjelasannya :
  1. Chat : Secara harfiah dapat diartikan sebagai obrolan, namun dalam dunia internet, istilah ini merujuk kepada kegiatan komunikasi melalui baris-baris tulisan singkat yang diketikkan melalui keyboard.
  2. DNS : Domain Name System. Merupakan layanan di internet untuk jaringan yang menggunakan TPC/IP. Layanan ini digunakan untuk mengidentifikasi sebuah komputer dengan nama bukan dengan menggunakan IP (IP address). Singkatnya, DNS melakukan konversi dari nama ke angka.
  3. Download : kegiatan menyalin data dari komputer lain pada sebuah jaringan untuk disimpan pada komputer yang kita gunakan. 
  4. Upload : kebalikan dari download, mengirim file/data dari komputer yang kita gunakan ke komputer lain pada sebuah jaringan.
  5. Downstream : istilah yang meerujuk pada kecepatan aliran data dari komputer lain ke komputer lokal melalui sebuah network. Istilah ini merupakan kebalikan dari istilah Upstream.
  6. GPRS : General Packet Radio Service. Salah satu setandar komunikasi wireless (nirkabel). Dibandingkan dengan protocol WAp, GPRS memiliki kelebihan dalam kecepatan yang dapat mencapai 115 kbps dan adanya dukungan aplikasi yang lebih luas, termasuk aplikasi grafis dan multimedia..
  7. Homepage : halaman muk dari sebuah situs web, atau sebuah halaman default yag diset untuk sebuah browser.
  8. HTML : Hypertext Markup Language, merupakan salah satu varian dari SGML yang dipergunakan dalam pertukaran dokumen melalui protocol HTTP.
  9. Host : sebuah komputer dalam sebuah jaringan yang menyediakan sebuah layanan untuk komputer lainnya dalam jaringan yang sama.
  10. HTTP : Hyper Text Transper Protocol, yaitu protocol yang didisain untuk mentransper dokummen HTML yang digunakan dalam www ( World Wide Web).
  11. Internet : gabungan jaringan di seluruh dunia yang membentuk jaringan interkoneksi (Interconnected Network) yang terhuubung melalui protocol TCP/IP. Internet merupakan kelanjutan dari ARPAnet dan merupakan jaringan WAN yang terbesar saat ini.
  12. Intranet : sebuah jaringa privat dengan system yang sama dengan internet namun hanya digunakan secara internal.
  13. ISDN : Integrated Services Digital Network. Pada dasarnya ISDN merupakan saluran untuk melayani transper data dengan kecepatan lebih tinggi melalui saluran telepon regular. ISDN memungkinkan kecepatan transpeer data hingga 128.000 bps.
  14. IP : (Internet Protocol) yaitu system dalam sebuat jaringan yang direpresentasikan dengan sederetan angka berupa kombinasi 4 deret bilangan angka 0-255 yang masing-masing dipisahkan dengan tanda titik (.), mulai dari 0.0.0.1 hingga 255.255.255.255
  15. Login : proses memasuki sutu system yang tertutup. Pengenal dari sebuah system yang tertutup yang terrdiri dari username ( login name) dan password (kata kunci). 
  16. Mailing List : sering diistilahkan dengan milis, yaitu sebuah alamat e-mail yang digunakan oleh kelompok pengguna internet. Untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi. Setiap pesan yang dikirim ke sebuah milis otomatis akan diteruskan ke alamat e-mail anggota. Milis biasanya digunakan sebagai sarana diskusi atau peertukaran informasi diantara anggota.
  17. Web Mail : Fasilitas pengiriman, penerimaan, maupun pembacaan e-mail melalui web.
  18. WAP : Wireles Application Protocol merupaka standar protocol untuk aplikasi wireless. WAP merupakan hasil kerja sama antar industri untuk membuat sebuah standar yang terbuka (open standard)
  19. www ( World Wide Web) merupakan salah satu bagian yang paling menarik di internet. www adalah fasilitas layanan yang paling banyak digunakan dalam berinternet. Dengan www kita dapat mengakses informasi atau data yang tidak berupa text saja, melainkan juga gambar, video, suara, dan lain-lain (multimedia). Dokumen yang berbentuk text disebut hypertext, sedangkan yang berupa gambar, video, dan suara disebut hypermedia.
  20. Browsing : lebih dikenal dengan nama surfing adalah menjelajah di situs-situs internet yang bertujuan untuk mendapatkan informasi atau data.
  21. Searching : kegiatan mencari atau memperoleh data/ informasi yang kita inginkan dengan bantuan mesin pencari (search engine)



Write By : Khocet Dot Com ~ Panduan Gratis Adobe Photoshop,Blog,Puisi,Ragam Tips,Dan Bahan Ajar

Article : Istilah-Istilah Internet Post By : Khocet Dot Com
Terimakasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik yang membangun serta pertanyaan dan saran dapat anda tuliskan melalui kotak komentar,semoga bermanfaat
Share this article :

1 comment:

 

Design By : Khocet Dot Com
Powered by Blogger