Home » » "Bekamputan" Budaya Sasak Yang Mulai Punah

"Bekamputan" Budaya Sasak Yang Mulai Punah

bekamputan Budaya Sasak Yang Mulai punah
Pulau Lombok merupakan pulau kecil nan elok yang dihuni oleh Suku Sasak berada di wilayah Nusa Tenggara Barat yang ber-ibukotakan Mataram secara administrative terbagi atas empat kabupaten “Lombok Barat,Lombok Utara,Lombok Tengah, dan Lombok Timur serta satu kabupaten kota yaitu Kota Mataram. Walaupun terbilang pulau kecil,namun Lombok memiliki keragaman budaya dan adat istiadat yang unik, yang tidak dimiliki oleh daerah-daerah lain di Indonesia, baik dalam proses sebelum melangsungkan pernikahan, walimatul ursyi (selamatan pernikahan), atau dalam melaksanakan prosesi hitanan yang dalam bahasa Sasaknya disebut “besunat” bagi anak laki-laki, ataupun dalam acara-acara lainnya. 

Dalam melaksanakan prosesi hitanan sendiri biasanya dilaksanakan sebuah acara yang lzimnya disebut begawe (acara hajatan/selamatan), dan acara ini biasanya diselenggarakan pada bulau maulid (Rabi’ul Awal) ketika memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad Saw. dan penyelenggaraannya sendiri biasanya di masjid. Hal ini dilaksanakan secara missal pada sebuah dusun ataupun desa. 
Namun tidak sedikit juga yang melangsungkan acara ini dengan mengadakan gawe sendiri dan terkesan lebih meriah, karena pada malam hari sebelum acara ini dilaksanakn, digelar beragam kesenian tradisional Lombok seperti bejogetan (menari dengan diiringi music tradisional) ,atau hanya dengan gelaran music tradisional saja seperti gendang beleq, atau gamelan yang bisa dinikmati oleh semua pengunjung, baik yang diundang maupun yang tidak. 
Pada hari saat akan dilakukannya hitanan, anak yang akan dihitan dihibur dengan cara ditandu berkeliling kampung diiringi oleh warga serta dengan lantunan music tradisional yang has layaknya seorang raja menggunakan kuda-kudaan yang terbuat dar kayu yang disebut Jaran Kamput. Namuh budaya Sasak seperti ini sudah mulai menghilang dan bahkan terancam punah karena sudah jarang sekali digunakan baik dalam acara seperti ini maupun dalam acara nyongkolang (acara mengantar pengantin wanita ke rumah orang tuanya).

Write By : Khocet Dot Com ~ Panduan Gratis Adobe Photoshop,Blog,Puisi,Ragam Tips,Dan Bahan Ajar

Article : "Bekamputan" Budaya Sasak Yang Mulai Punah Post By : Khocet Dot Com
Terimakasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik yang membangun serta pertanyaan dan saran dapat anda tuliskan melalui kotak komentar,semoga bermanfaat
Share this article :

3 comments:

  1. Semoga budaya ini dapat dilestarikan kembali :D

    ReplyDelete
  2. Wah bgus ya, banyak sekali budaya indonesia. kunjungan dari blogger ngawi bang. follow and like back yah....

    ReplyDelete

 

Design By : Khocet Dot Com
Powered by Blogger