Home » » Membuat Bayagan Di Depan Obyek

Membuat Bayagan Di Depan Obyek

Bayangan akan muncul pada sebuah obyek tergantung dari asal sumber cahaya. Bila sinar berasal dari sebelah kanan, maka bayangan akan muncul di sebelah kiri. Begitu juga sebaliknya. Jika sinat ada di depan, maka bayangan akan muncul di belakang. Bila pada tutorial sebelumnya saya sudah membuat tutorial Cara Membuat Bayangan Dengan Photoshop ,nah pada tutorial singkat ini saya akan mencoba membuat bayangan di depan obyek tentunya dengan Adobe Photoshop dengan sumber cahaya yang berada di belakan. 

Ok…saya akan mencontohkan dengan membuat efek bayangan pada text (tulisan) yang nantinya bisa anda kembangkan sendiri pada gambar. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut : 
Pertama. Buat sebuah layer baru atau dengan menggunakan gambar yang akan anda tambahkan text. Saya sendiri akan menggunakan sebuah gambar yang saya anggap tepat untuk text yang akan saya buat. 
Kedua. Berikutnya, buatlah sebuah text dengan memilih huruf T toolbox Photoshop anda, atau bisa juga anda menekan langsung huruf T pada keyboard. 

Ketiga. Duplikat text yang sudah anda buat dengan cepat dengan menekan tombol Ctrl+J dan balik posisinya menjadi vertical dengan cara klik kanak pada layer copy lalu pilih Plip Vertical. 


Keempat. Untuk mengubah format text manjadi format image silahkan pilih menu Layer > Rasterize > Type.  


Kelima Agar bayangan terlihat membias, klik kanan pada pada tulisan tersebut kemudian pilih Perspective atau pilih menu Edit > Transorm > Persfective. Kemudian drag (tarik) pada pinggir layer hingga layer tersebut terlihat pas. 


Keenam. Buat bayangan terliht kabur dengan cara memilih menu Filter > Blur > Gaussian Blur. Kemudian atur sesuai dengan keinginan anda. 


Agar ujung bayangan tidak terlalu jelas, buat Layer Mask dengan cara menglek Add Layer Mask yang terdapat pada pojok bawah palet layer pada photoshop anda. Kemudian Klik Gradient Tool pada toolbox dan pastikan warna hitam ada di posisi atas pada palet color (warna). Kemudian anda bisa menarik garis lurus dari bawah ke atas. Maka ujung bayangan akan terlihat menghilang/tidak jelas. 


Hasil akhirnya akan terlihat pada gambar paling atas. Selamat mencoba.


Write By : Khocet Dot Com ~ Panduan Gratis Adobe Photoshop,Blog,Puisi,Ragam Tips,Dan Bahan Ajar

Article : Membuat Bayagan Di Depan Obyek Post By : Khocet Dot Com
Terimakasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik yang membangun serta pertanyaan dan saran dapat anda tuliskan melalui kotak komentar,semoga bermanfaat
Share this article :

3 comments:

  1. bagus2 tamrin.. ada baiknya kamu letak button LIKE fb ..

    ReplyDelete
  2. sip gan, kapan2 share untuk membuat bayangan orang seperti bayangannya sungguhan....! boleh lah....!

    ReplyDelete

 

Design By : Khocet Dot Com
Powered by Blogger