Home » » Membuat Animasi Dengan Photoshop

Membuat Animasi Dengan Photoshop

Membuat animasi bisa juga menggunakan Shopware Adobe Photoshop CS 3, CS4 dan CS5, untuk persi sebelumnya harus menggunakan Adobe Image Ready.
Pada panduan kali ini Admin Khocet Blog akan memberikan contoh sederhana cara membuat animasi dengan Photoshop yang bisa anda kembangkan sendiri nantinya.

Lankah-langkahnya adalah sebagai berikut : 
  • Buatlah layer baru dengan memilih menu File > New atau dengan menekan tombol CTRL+N. Saya sendiri membuat layer dengan ukuran 200px x 200px dengan resolusi 72. 
  • Setelah Layer Baru telah terlihat di lembar kerja Photoshop anda buatlah layer baru dengan cara mengelik Create New Layer yang terdapat pada di bawah palet layer Photoshop.
Cara Membuat Animasi Dengan Photoshop
  • Selanjutnya buatlah sebuah gambar yang anda sukai. Saya contohkan dengan menggunakan Brus Photoshop yang sudah saya posting sebelumnya.
Cara Membuat Animasi Dengan Photoshop
  • Setelah buat gambar,selanjutnya buat layer baru lagi dan buat gambar yang lainnya.bisa juga dengan cara menduplikat gambar dengan cara menekan tombol CTRL+J. Semakin banyak layer yang anda buat, semakin panjang juga durasi animasinya. Saya sendiri menggunakan lima layer dengan gambar yang beda warbanya seperti gambar berikut : 
  • Aktifkan palet Animasi pada Photoshop anda dengan memilih Menu Windows > Animation.
Cara Membuat Animasi Dengan Photoshop
  • Tampilannya seperti berikut :
Cara Membuat Animasi Dengan Photoshop
  • Selanjutnya perbanyak frame animasi dengan mengelik Duplikates Selected Frames, semakin banyak duplikatnya, semakin lama juga durasinya.
Cara Membuat Animasi Dengan Photoshop
  • Kemudian klik Frame 1 pada Animation (Frame) dan pada palet Layer,hilangkan tanda mata pada layer 2,3,4, dan 5. Begitu juga hal yang harus anda lakukan pada Animation (Frames) 2,3,4,dan 5. Klik Animation 2,3,4,dan 5 kemudian hilangkan tanda mata pada layer 1,3,4, dan 5.
Cara Membuat Animasi Dengan Photoshop
  • Looping Options berfungsi untuk mengatur berapa kali animasi yang anda buat berputar (Once, 3 times, dan Forever), sedangkan tombol Play berfungsi untuk melihat preview, dan untuk mengatur jeda pergantian (display) antara Animation (Frame) 1 dengan yang berikutnya.
Cara Membuat Animasi Dengan Photoshop
  • Jika sudah anda anggap final, lalu simpanlah animasi yang anda buat ddengan memilih Menu File > Save For Web & Devices atau dengan menekan kombinasi Alt+Shift+Ctrl+S. Pada Optimized File Format filih GIF kemudian pilih Save. Gambar akhir seperti yang terlihat pada gambar yang paling atas pada postingan ini.
Cara Membuat Animasi Dengan Photoshop
  • Slamat mencoba..trus berkreasi !

Write By : Khocet Dot Com ~ Panduan Gratis Adobe Photoshop,Blog,Puisi,Ragam Tips,Dan Bahan Ajar

Article : Membuat Animasi Dengan Photoshop Post By : Khocet Dot Com
Terimakasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik yang membangun serta pertanyaan dan saran dapat anda tuliskan melalui kotak komentar,semoga bermanfaat
Share this article :

15 comments:

  1. saya suka blok anda tentang cara membuat animasi dengan photoshop, saya berharap untuk melihat lebih banyak dari anda. apakah anda menjalankan situs lain????

    ReplyDelete
  2. Thanks tutorialnya. sangat membantu,

    ReplyDelete
  3. kweren boss... thx ud share

    ReplyDelete
  4. Sippp Makasi Sangat Membantu

    ReplyDelete
  5. Thanks mas udah saya coba dan saya pakai di situs saya. :) Sukses selalu

    ReplyDelete
  6. patut di coba,
    sebenarnya sudahh bisa di mengerti sich...! tapi bahasannya kurang detail, dan kadang membuat orang bingung........

    ReplyDelete
  7. makasih.!
    patut D Cobanih.!^_^

    ReplyDelete
  8. Thanks infonya bermanfaat sekali,...

    ReplyDelete
  9. oke dab ... thanks infonya

    ReplyDelete
  10. mantap' thank atas infonx gan....

    ReplyDelete

 

Design By : Khocet Dot Com
Powered by Blogger